Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Sodong Sukabumi , Keindahan Alam yang Masih Terjaga




Repotasebarak.com,Sukabumi- Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keindahan alamnya. Setiap daerah memiliki keindahan alam masing-masing yang terjaga keindahannya dan belum banyak dirusak oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Tahukah kamu, bahwa salah satu daerah memiliki banyak destinasi alam yang indah dan masih  terjaga keasliannya daerah apa ya itu? Daerah di salah satu pulau jawa yaitu Sukabumi, memiliki banyak sekali destinasi alam yang luar biasa indahnya.  



Destinasi di Sukabumi merupakan pilihan bagi masyarakat di dalam kota maupun luar kota sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Hal ini dikarenakan berlibur di alam merupakan opsi paling tepat agar kebersamaan lebih terjalin. Pasalnya di era digital saat ini sering kali keluarga tidak ingin berlibur ke alam karena dianggap membosankan dan buang-buang waktu saja. Mereka lebih memilih bermain dengan gawai mereka dan memilih berlibur ke mall atau ke cafe-cafe yang lebih estetik daripada alam. 



Padahal keindahan alam tidak kalah menarik dari tempat estetik modern seperti Curug Sodong. Curug ini merupakan alternatif tempat untuk liburan keluarga karena tempatnya yang indah, cukup memanjakan mata, dan melepas penat yang ada di tubuh kita. Curug Sodong memiliki tempat yang sejuk dan menyegarkan, hal ini dikarenakan tempatnya yang meskipun dijadikan wisata tetapi nilai jual yang ditawarkan tidak merusak keaslian Curug Sodong. 




Meskipun di Sukabumi masih banyak tempat wisata alam yang serupa, tetapi Curug Sodong memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh wisata alam lainnya. Curug Sodong berada di Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug sodong merupakan aliran air terjun yang berasal dari Air Terjun Sodong yang jika dilihat dari bawah sangat indah dan memanjakan mata. Tidak hanya itu di sekitar Curug Sodong kita bisa mendapatkan empat destinasi tambahan yaitu Air Terjun Cikanteh, Air Terjun Ciateul, Curug Cikanteh, dan Curug Ciateul. Bagaimana? Dengan bermodalkan tiket 12 ribu kita bisa memanjakan mata dengan melihat indahnya air terjun dan curug yang bertumpuk di satu tempat. 


 

Apa itu Curug Sodong? 

 

Curug Sodong merupakan aliran Air Terjun Sodong yang berada diatasnya. Disebut Sodong karena di bawah air terjun terdapat cekungan dalam yang jika diucapkan orang sunda adalah “Sodong”. Kenapa harus memilih Curug Sodong? Karena ini merupakan pilihan tepat jika Anda ingin melepas penat, melihat aliran air yang jernih, suasana sejuk, dan wisata yang masih terjaga keasliannya. 



Akses jalan untuk mencapai Curug Sodong pun tidak terlalu sulit dan bisa dikatakan lebih mudah daripada curug kebanyakan yang harus menuruni jalan yang terjal atau rusak. Tantangan kita mungkin adalah jarak yang lumayan jauh dari Kota Sukabumi. Namun, jika kita berangkat dari Pelabuhan Ratu maka jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. 



Awal keberangkatan jika dari Kota Sukabumi adalah menuju ke Pelabuhan Ratu dengan waktu sekitar 1,5 jam. Setelah itu kita bisa beristirahat dengan menikmati pemandangan penduduk Pelabuhan Ratu yang masih kental dengan budaya kedaerahan dan kita bisa menemukan banyak pasar ikan yang segar karena dekat dengan pantai Pelabuhan Ratu. Selanjutnya jika sudah selesai beristirahat kita bisa berangkat dengan tujuan ke Pantai Geopark Ciletuh dengan jauh perjalanan sekitar 1 jam.  



Kita bisa beristirahat kembali dan mampir ke Pantai Geopark Ciletuh untuk melihat pemandangan sekitar yang luas dan sangat sejuk. Pantai ini merupakan tempat pelepas penat karena perjalanan jauh dari Kota Sukabumi dan waktu sekitar 2,5 jam. Setelah melepas penat maka kita berangkat mengikuti jalan menuju destinasi terakhir yaitu Curug Sodong yang bisa ditempuh dengan waktu 20 menit saja. Selanjutnya ketika kita sampai pada tujuan terakhir, kita bisa memarkirkan kendaraan kita di tempat parkir yang disediakan.  



Setelah memarkirkan kendaraan kemudian kita bisa jalan masuk untuk mencapai Curug Sodong dengan berjalan kaki selama 5 menit dan membayar tiket masuk sekitar Rp. 12.000 saja untuk menikmati keindahan Curug Sodong. Perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih 3 jam tidak akan terasa karena akses jalan tidak begitu rusak dan tempat wisata tidak sulit untuk ditemukan. Sejak berdirinya Curug Sodong sebagai wisata alam hingga saat ini masih sangat bisa dikatakan layak untuk dikunjungi bahkan menjadi rekomendasi ketika kalian ada di Sukabumi.  

 

Pengalaman dan Perasaan Ketika Berada di Curug Sodong 

 

Pengalaman yang didapat sangat dibilang worth it bahkan untuk kantong pelajar. Tantangannya adalah jarak tempuh yang lumayan jauh dari Kota Sukabumi yaitu kurang lebih 96 Km. Selain itu, tidak ada masalah yang ditemukan untuk mengunjungi Curug Sodong yang indah dan menyegarkan ini. Kalian hanya mengeluarkan biaya untuk transportasi dan tiket masuk sebesar Rp. 12.000. ke Curug Sodong yang ramai pengunjung. 



Perjalanan dimulai dari pagi hari ketika matahari terbit adalah pemilihan waktu yang tepat. Sepanjang perjalanan kita bisa melihat cerahnya sinar matahari yang tampak mengesankan dipandang dan angin yang sejuk menyegarkan tubuh kita. Ketika matahari sudah lumayan tinggi kita bisa berhenti di Pelabuhan Ratu untuk melihat penduduk yang masih tradisional dalam mencari nafkah dan interaksi masyarakat pesisir pantai yang menakjubkan. Selanjutnya ketika matahari sudah hampir di atas, kita bisa beristirahat di Pantai Geopark Ciletuh untuk menikmati suasana pantai dan ombak pantai yang menghampiri kita. 



Kita bisa melanjutkan perjalanan setelah shalat ashar atau jam 12 lebih agar tidak terlalu panas. Dengan jalan yang disediakan kita hanya mengikuti jalan tersebut dan sampai di Curug Sondong dalam kurun waktu 20 menitan. Sesampainya di Curug Sondong kita bisa memilih untuk diantar oleh tour guide atau tidak, biaya yang dikeluarkan pun berkisar Rp. 20.000 sampai Rp. 50.000 untuk membayar jasa tour guide dan menikmati Curug Sondong hingga puas.  



Perasaan yang timbul saat perjalanan hingga pulang adalah perasaan yang tidak bisa diungkapkan. Sepanjang perjalanan menemukan pemandangan yang indah saat matahari terbit dan perasaan takjub ketika matahari terbenam. Tentu saja ada hal tak terduga yang terjadi, seperti melihat masyarakat Pelabuhan Ratu yang masih pekat hawa budayanya, pemandangan sekitar saat perjalanan, Pantai Geopark Ciletuh yang luas, Curug Sodong yang indah dan menyegarkan, bahkan sampai terkejut karena mendapatkan kalau di Curug Sodong ada curug beserta air terjun lainnya. Perumpamaan perjalanan ke Curug Sodong ini adalah beli satu dapat banyak sekali hadiah yang didapatkan pada saat itu juga. 



Ada beberapa saran ketika kita ingin pergi ke Curug Sodong sehingga kita bisa memaksimalkan potensi liburan kita. 

  1. Siapkan kamera yang memadai untuk mengambil objek wisata dan pemandangan sekitar saat perjalanan seperti matahari terbit, pemandangan bukit, pemandangan laut, pemandangan pantai, pemandangan perahu, pemandangan air terjun, pohon rindang, hingga potret diri sendiri ketika berada di tempat yang cantik nan indah untuk diabadikan. 

  2. Bagi pengendara sepeda motor siapkan jaket tabal karena cuaca yang tidak menentu dan angin yang dingin ketika pagi hari dan sore hari ketika pulang perjalanan. 

  3. Siapkan budget yang mencukupi karena di setiap perjalanan akan ada kuliner atau tempat yang tidak terduga akan tetapi menarik untuk dikunjungi. 

  4. Pergi bersama keluarga, teman, sahabat, atau pasangan karena perjalanan ke Curug Sodong meskipun jauh tapi bisa dipastikan mendapatkan momen berharga yang sangat disayangkan jika pergi seorang diri, 

 

Penutup 

 

Perjalanan ke Curug Sodong  di Sukabumi bukan sekadar liburan biasa. Akan tetapi, merupakan perjalanan dan pengalaman yang memberi kesan mendalam. Jika mencari hiburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan destinasi alam adalah wisata paling cocok agar lebih terjalinnya keharmonisan hubungan. Dari keindahan alam yang masih terjaga hingga petualangan yang terjadi setiap detik menjadi berarti dan bermakna. 



Dari penjabaran di atas, terlihat bahwa Curug Sodong tidak hanya menawarkan keindahan alam. Tapi juga, memberikan kesempatan melepas penat dengan biaya terjangkau dan akses yang memadai. Curug Sodong bisa menjadi pilihan liburan yang tidak kalah menarik dari pusat perbelanjaan maupun cafe-cafe yang menjadi tren sekarang ini. 


Jadi, jika ingin mencari tempat untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk keseharian. Kalian bisa mengunjungi Curug Sodong yang keindahan alam yang masih alami, kenangan, dan pengalaman yang tidak terlupakan. Curug Sodong adalah wisata yang sangat direkomendasikan untuk menemukan petualangan yang tak berujung sambil melepas penat yang ada. 


 

Nama Penulis       : Salman Adhyaksa

Asal Universitas : Sekolah Vokasi IPB University 

Program Studi       : Komunikasi Digital dan Media

 

Posting Komentar untuk "Curug Sodong Sukabumi , Keindahan Alam yang Masih Terjaga"